• SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN GUNUNG MARIA TOMOHON
  • Cura Ut Valeas !
  • gmt@stikesgunungmaria.ac.id
  • 0895390696300
  • PMB
  • Cari

PEMBUKAAN PRAKTIK KEPERAWATAN KOMUNITAS DAN KELUARGA MAHASISWA PROGRAM STUDI DIPLOMA TIGA KEPERAWATAN, ANGKATAN XVIII TAHUN AKADEMIK 2021/2022, DI KELURAHAN TARATARA I

Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Gunung Maria Tomohon - Henny Pongantung, Ns., MSN., DN., Sc., bersama dengan Perwakilan dari Kecamatan Tomohon Barat - Welfrintje Takaendengan., Kepala Kepolisian Sektor Tomohon Barat - Aiptu Jemmy Mewengkang., Kepala Kelurahan Taratara I - Jefry A.T. Mentang, S.Kep., serta Ketua Panitia - Fransiskus X. Dotulong, Ners, M.Kep., dan Sekretaris Panitia - Fina Natalia, Ners, M.Kep., mengikuti acara pembukaan Praktik Keperawatan Komunitas dan Keluarga Mahasiswa Program Studi Diploma Tiga Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Gunung Maria Tomohon Angkatan XVIII, yang dilaksanakan pada hari Senin, 9 Mei 2022, bertempat di Balai Pertemuan Umum Kelurahan Taratara I.

Dalam pemaparan laporan awal kegiatan oleh Ketua Panitia Praktik Keperawatan Komunitas dan Keluarga - Fransiskus X. Dotulong, Ners, M.Kep., disampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wujud nyata dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berkaitan dengan pelaksanaan Pengabdian Masyarakat, yang menjadi program tetap sejak tahun 2005 di institusi STIKes Gunung Maria Tomohon.

Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa semester VI berjumlah 51 orang, dan nantinya akan disebar di 3 lingkungan yaitu Lingkungan VI, Lingkungan VII dan Lingkungan VIII. Kegiatan praktik ini dilaksanakan selama 13 hari penuh, yaitu 9 – 21 Mei 2022. Dalam kegiatan ini, para mahasiswa akan membuat profil lingkungan, melaksanakan pengkajian data keluarga melalui kunjungan langsung door to door di setiap rumah masyarakat, melaksanakan proses tabulasi data, analisa data dan membuat POA (planning of action) yang akan dipaparkan dalam kegiatan Musyawarah Masyarakat Kelurahan Pertama (MMK-I) dihadapan pemerintah kelurahan serta masyarakat. Kegiatan lanjuatan setelah MMK-I yaitu implementasi kegiatan berupa penyuluhan pada keluarga binaan serta penyuluhan di komunitas / kelompok, serta penyuluhan sekolah. Diakhir kegiatan akan dilaksanakan pula Musyawarah Masyarakat Kelurahan Kedua (MMK-II) sebagai bentuk evaluasi dan pertanggung jawaban seluruh rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa selama 13 hari menjalani praktik.

  

Pelaksanaan kegiatan Praktik Keperawatan Komunitas dan Keluarga tahun 2022 ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa dalam menerapkan ilmu dan pengetahuan yang telah diperoleh lewat proses perkuliahan, agar dapat diterapkan secara langsung dalam lingkup keluarga binaan maupun dalam lingkup komunitas bermasyarakat.

Komentari Tulisan Ini